https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ http://ejournal.umpwr.ac.id/public/journals/26/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ http://103.160.62.181/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL | Sangadah | EKUIVALEN - Pendidikan Matematika

ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

Maelatun Sangadah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untukmengetahui variasi kesalahan dalam setiap jenis kesalahan, mengetahui rata-rata persentase setiap jenis kesalahan, dan mengetahui faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan yang berkaitan dengan materi sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini adalah penelitian mixed methods dengan model sequential explanatory. Hasil penelitian dan simpulan yang diperoleh adalah (1) kesalahan ReadingErrors terdiri dari 9 variasi kesalahan dengan rata-rata persentase kesalahan 14,91%, (2) Comprehension Errors terdiri dari 13 variasi dengan rata-rata persentase 28,51%,(3) Transformation Errors terdiri dari 4 variasi dengan rata-rata persentase 17,37%, (4) Process Skills Errorsterdiri dari 8 variasi dengan rata-rata persentase 22,37%, (5) Encoding Errors terdiri dari 3 variasi dengan rata-rata persentase 8,81%. Faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan diantaranya sadalah tidak memahami soal dan pertanyaan soal, tidak memahami perbedaan SPLDV dan PLDV, tidak memahami metode penyelesaian SPLDV, tidak cermat dalam melakukan perhitungan, kelemahan daya ingat, dan kehabisan waktu.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v20i1.2865

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.